Breaking News

,

Presiden Resmikan Jalan Pintas Batas Kota Singaraja-Mengwitani, Infrastruktur Jalan Dongkrak Nilai Ekonomi Mayarakat

Pressiden Joko Widodo ketika meresmikan Jalan Pintas Batas Kota Singaraja-Mengwitani, Kabupaten Buleleng Provinsi Bali, Kamis (2/2/2023).

BULELENG, LARAS POST - Guna memudahkan akses masyarakat desa dengan perkotaan serta dapat meningkatkan nilai ekonomi wilayah terpencil pemerintah gencar melakukan pembangunan infrastruktur jalan di seluruh daerah.

Salah satunya pembangunan jalan di Provinsi Bali tepatnya Jalan Pintas _(shortcut)_ Batas Kota Singaraja-Mengwitani, Kabupaten Buleleng yang diresmikan langsung Pressiden Joko Widodo, Kamis (2/2/2023).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menandatangani prasasti peresmian Jalan Pintas tersebut.

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jalan Pintas Batas Kota Singaraja-Mengwitani sepanjang 5,68 km tersebut telah dibangun sejak tahun 2018 dengan biaya sebesar Rp396,7 miliar.

Presiden Jokowi ketika berbincang dengan Gubernur Bali I Wayan Koster didampingi Menseskab Pramono Anung. 

Peresmian jalan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar. Diantaranya adalah mengurangi jarak sebesar 0,87 km, mengurangi waktu tempuh hingga 45 menit, dan mengurangi jumlah tikungan dari sebelumnya sebanyak 50 titik menjadi 9 titik.

Selain itu, jalan pintas ini juga akan mengurangi tingkat kelandaian menjadi maksimal 6 persen. Sebelumnya, tingkat kelandaian maksimal pada jalan eksisting ruas Jalan Mengwitani-Singaraja adalah sebesar 27 persen.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Gubernur Bali I Wayan Koster, Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali Apri Artoto. (her, sg)

No comments

Featured post

Panglima TNI Kunjungi Yonif 731/Kabaresi Maluku

Ambon, Laras Post. Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa malam ini saya bisa hadir di tengah kolam renang yang masih kering ini. Saya data...