Kementerian ATR/BPN Terima Penghargaan Top Inovasi
Penyerahan penghargaan Top Inovasi dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Menteri ATR/Kepala BPN, Ferry Mursyidan Baldan. |
Jakarta, Laras Post Online � Berbagai inovasi yang dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), guna meningkatkan pelayanan, akhirnya mendapat penghargaan tertinggi, dengan meraih Penghargaan Top 25 Inovasi Pelayanan Publik 2015.
Penyerahan penghargaan dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Menteri ATR/KepalaBPN, Ferry Mursyidan Baldan, pada acara Penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), Jakarta Rabu (29/04/2015) di Ruang Bhirawa, Hotel Bidakara.
Penghargaan diberikan kepada Kementerian ATR/BPN atas inovasi pelayanan yang digagas oleh Kantor Pertanahan Kota Surabaya II yang dikenal dengan nama Layanan Tujuh Menit (Lantum).
Wakil Presiden meminta kepada seluruh penerima penghargaan agar selalu konsisten dalam melakukan inovasi pelayanan kepada masyarakat. �Apabila inovasi pelayanan tidak konsisten akan saya ambil kembali tropy penghargaan itu,� ujarnya usai penyerahan penghargaan.
Sementara itu, Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan, inovasi pelayanan adalah suatu bentuk kemudahan yang diberikan oleh jajaran Kementerian ATR/BPN, salah satunya adalah Lantum.
�Kedepan kita juga akan membuat layanan 70 menit, 70 jam hingga 70 hari sesuai jenis pelayanannya. Jenis-jenis layanan serba tujuh tersebut kita siapkan untuk menyongsong 70 tahun kemerdekaan Indonesia,� ujarnya kepada wartawan, usai menerima penghargaan.
Ia menjelaskan, melalui Lantum layanan Pengecekan Sertipikat dan Roya dapat diselesaikan lebih cepat dari standar waktu yang telah ditentukan. �Layanan diselesaikan dalam waktu tujuh menit sehingga dapat ditunggu oleh pemohon layanan,� tegasnya.
Tujuan dilaksanakannya Lantum adalah untuk percepatan layanan pertanahan tertentu serta membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu (kesibukan yang tinggi) untuk datang sendiri ke Kantor Pertanahan. Layanan ini dinilai efektif memangkas peran para calo yang menyebabkan, biaya tinggi dalam pengurusan layanan pertanahan.
Lantum dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kota Surabaya II dengan menyediakan Loket Khusus Lantum yang memudahkan masyarakat/pemohon layanan.
Kompetisi inovasi pelayanan publik merupakan program One Agency, One Inovation. Melalui program tersebut, setiap kementerian/lembaga, provinsi, dan kabupaten/kota wajib menciptakan minimal satu inovasi pelayanan publik setiap tahun dan wajib diikutsertakan dalam kompetisi inovasi pelayanan publik.
Untuk tahun 2015, pendaftaran kompetisi dilakukan mulai dari 1 Desember 2014 sampai dengan 15 Februari 2015 melalui Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SiNoviK), yang menghasilkan 1.189 inovasi yang dikirimkan oleh kementerian/lembaga serta pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota.
Dari 1.189 inovator yang mendaftarkan melalui SiNoviK, disaring melalui desk evaluation oleh Tim Evaluator (Akademisi) menjadi Top 99. Empat puluh inovator diantaranya dipanggil untuk presentasi dan wawancara di hadapan Tim Panel Independen, dan 25 peserta melalui mystery shopping. (her)
No comments