Breaking News

,

Wujudkan Kemitraan Indonesia dan Norwegia

Bendera negara negara peserta KAA (ils)
Jakarta, Laras Post Online � Perwakilan pemerintah Indonesia dan pemerintah Kerajaan Norwegia, melakukan pertemuan pada sideline events Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60, pada Minggu (19/4/2015) di Jakarta.

Masing- masing perwakilan menyetujui untuk mengimplementasikan komitmen Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Kerajaan Norwegia Erna Solberg, untuk memperkuat kemitraan kedua negara, pada bidang bidang pelestarian lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam, good governance, maritime, energi, demokrasi, hak asasi manusia dan penyetaraan gender serta penguatan hak hak perempuan.

Kedua negara tersebut sepakat untuk meneruskan kerjasama dengan Afghanistan dalam rangka kerjasama Selatan Selatan. Indonesia dengan Norwegia sebelumnya telah melaksanakan beberapa program kerjasama triangular untuk Afghanistan, dibidang penegakkan hukum, pemberdayaan perempuan, dan pendidikan inklunsif.

Selain itu satu batch polisi wanita Afghanistan juga telah memperoleh pelatihan pada bidang pemolisian masyarakat (community policing) yang dilaksanakan di Indonesia pada tahun 2014. Saat ini juga sedang berlangsung proyek triangular yang bertujuan untuk memperkuat pendidikan inklusif di Afghanistan melalui pelatihan dan pertukaran guru/tenaga pengajar Afghanistan dengan Indonesia.

Kedua perwakilan telah berbagi pandangan yang sama bahwa, kerjasama triangular yang sudah berlangsung antara Indonesia dan Norwegia berpotensi untuk memperkuat pembangunan sektor sosial di Afghanistan. Kedua perwakilan juga mengakui bahwa pengalaman pembangunan yang dimiliki oleh Indonesia sangat relevan untuk dibagikan kepada negara negara lain.

Indonesia dan Norwegia kemudian sepakat untuk meneruskan kerjasama dalam kerangka kerja sama Selatan Selatan dengan memfokuskan pada sasaran pembangunan serta prioritas nasional negara negara yang terlibat di dalamnya. (her, ram, sg)


No comments

Featured post

Panglima TNI Kunjungi Yonif 731/Kabaresi Maluku

Ambon, Laras Post. Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa malam ini saya bisa hadir di tengah kolam renang yang masih kering ini. Saya data...