Breaking News

,

Rakor Camat se OKI, Antisipasi Kerawanan Pemilu


OKI, SUMSEL, LARAS POST - Menghadapi pemilihan umum tahun 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir mulai melakukan persiapan. Salah satunya dilakukan rapat koordinasi awal yang diikuti oleh seluruh camat se Kabupaten Ogan Komering Ilir, Senin (6/2/2023). 

Rapat yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten OKI H. Husin, S.Pd., MM., M.Pd tersebut membahas poin-poin penting terkait kesiapan Kabupaten OKI menghadapi pesta demokrasi 2024.

"Kita sudah memasuki tahun politik, tentunya sensitifitas dan potensi terjadinya konflik horizontal akan semakin meningkat di tengah masyarakat. Sebagai ASN kita dituntut untuk netral, tidak berpihak kepada pihak manapun, serta menjadi peredam jika terjadi potensi konflik di tengah masyarakat," ujar Sekda Husin dalam arahannya di hadapan Camat se Kabupaten OKI di Ruang Rapat Sekda OKI.

Sekda menghimbau agar para camat mematangkan pengetahuannya terkait aturan-aturan yang ada sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten di Wilayah Kecamatan, sehingga punya landasan yang kuat jikalau ada pihak-pihak luar yang ingin memaksanakan kepentingan politiknya.

"Matangkan pengetahuan kita tentang aturan-aturan yang ada, jika ada pihak luar yang ingin memaksanakan kepentingannya tentunya kita punya landasan yang kuat untuk memegang komitmen netralitas,” tegas Sekda.

Menambahkan dalam rapat tersebut Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKI Drs. H. Antonius Leonardo, M.Si meminta agar para camat betul-betul turun ke lapangan, menyerap secara langsung isu-isu potensi konflik di tengah masyarakat jelang Pemilu.

"Kalau ada masalah-masalah, camat harus tanggap dalam menyelesaikan dengan tetap berkonsultasi ke Kabupaten dan koordinasi dengan pihak terkait baik kepolisian maupun TNI, jangan sampai terjadi konflik di tengah masyarakat. Mari kita jaga kondusifitas di Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir jelang pemilu 2024," ujar Anton.

Terakhir Anton mengajak agar seluruh Camat dapat solid, terus berkoordinasi, sehingga seluruh persoalan yang berpotensi timbul akan bisa diselesaikan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Tetap solid, jaga kekompakan, karena kekompakan kita bersama adalah kunci agar bisa mensukseskan Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Ogan Komering Ilir,” pungkas Anton. (matys)

No comments

Featured post

Panglima TNI Kunjungi Yonif 731/Kabaresi Maluku

Ambon, Laras Post. Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa malam ini saya bisa hadir di tengah kolam renang yang masih kering ini. Saya data...