Breaking News

,

Tinjau Keberangkatan Bantuan ke Turki, Kasau: Utamakan Safety

Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., ketika meninjau langsung kesiapan Pesawat dan kru sebelum keberangkatan ke Turki, di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (11/2/2023).


JAKARTA, LARAS POST – Indonesia sebagai negara sahabat Turki tentunya selalu menjalin kerjasama yang baik, terlebih apabila terjadi suatu musibah akan bahu membahu saling membantu satu sama lain.

Saat ini negara Turki sedang dilanda musibah gempa bumi yang cukup dahsyat, untuk itu jajaran TNI AU (Angkatan Udara) atas nama Pemerintah Indonesia bersiap membantu Turki dengan mengirim personel dan logistik ke negara yang terletak di Benua Eropa tersebut.  

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., meninjau langsung kesiapan Pesawat dan kru sebelum keberangkatan ke Turki, di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (11/2/2023).

Pada kesempatan iru Kasau meminta kepada kru pesawat yang terlibat dalam misi pengiriman bantuan gempa Turki, untuk mengutamakan safety.   

Kasau berpesan, agar seluruh kru pesawat dan personel pendukung, selalu menjaga kesehatan, serta melaksanakan misi sesuai prosedur.

“Laksanakan tugas  sebaik-baiknya, sesuaikan dengan tugas masing-masing tim, jaga kesehatan dan tetap utamakan safety,”  pesan Kasau.

Dua Pesawat TNI AU, yaitu Boeing 737- A-7308 Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan C-130 Hercules A-1326 Skadron Udara 32, Lanud Abd. Saleh  Malang, dipersiapkan  melaksanakan angkutan udara. 

Boeing A-7308 diterbangkan Mayor Pnb Arief M. Hakim membawa personel yang tergabung dalam Medium Utility Search  And Rescue (Musar) dan Emergency Medical Team (EMT). Sementara C-130 Hercules A-1326 diterbangkan Letkol Pnb Yudi Bandung membawa batuan logistik. Total logistik yang diberangkatkan seberat 11 ton lebih, diangkut menggunakan C-130 Hercules dan sebagian menggunakan Boeing A-7308. Bantuan berupa jas hujan, sepatu booth, selimut, bahan makanan dan obat-obatan.

Dua Pesawat melaksanakan misi penerbangan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta ke Angkara Turki. Penerbangan menempuh jarak kurang lebih 4.500 Nm. Pesawat Boeing A-7308 menempuh rute dari  Halim Perdanakusuma - SIM Banda Aceh - Chennai (India) - Abu Dhabi (UEA) dan Adana Turki. Sementara C-130 Hercules A-1326 dari Halim Perdanakusuma - SIM Banda Aceh - Yangoon (Myanmar) - Mumbai (India) - Abu Dhabi (UEA) - Adana Turki.

Diperkirakan bantuan dan personel akan tiba di Adanna Turki pada Minggu 12 Februari 2023, pukul.07.00 waktu setempat. (sg)

No comments

Featured post

Panglima TNI Kunjungi Yonif 731/Kabaresi Maluku

Ambon, Laras Post. Bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa malam ini saya bisa hadir di tengah kolam renang yang masih kering ini. Saya data...